MENGELOLA STRES ALA DALE CARNEGIE

Stres. Kata ini menjadi familiar bagi setiap orang. Pada kehidupan modern seperti ini, stres akan selalu menjumpai kita. Banyak yang tidak siap menghadapainya. Bahkan dengan stres ini banyak yang berakhir nahas.

Stres merupakan sesuatu yang menyangkut interaksi antara individu dan lingkungan, yaitu interaksi antara stimulasi respon.

Sehingga dapat dikatakan stres merupakan konsekuensi setiap tindakan dan situasi lingkungan yang menimbulkan tuntutan psikologis dan fisik pada seseorang.

Stres adalah suatu respon adaptif individu pada berbagai tekanan atau tuntutan eksternal dan menghasilkan berbagai gangguan meliputi : gangguan fisik, emosional, dan perilaku. (Goliszek, 2005:1)

Stres adalah satu dari sekian banyak penyebab munculnya penyakit. Semua orang pasti mengalami stres. Yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah level stresornya. Level stresor ini ada yang ringan, sedang dan berat.

Dalam hidup ini stres tidak dapat dihindari. Pasti ada saja penyebab stres itu datang. Karena tidak bisa dihindari, stres wajib dikelola dengan baik agar tidak menjadi penyebab munculnya penyakit.

Melansir laman American Heart Association, stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang dapat menimbulkan risiko serangan jantung dan stroke.

Stres juga dapat berkontribusi pada risiko penyakit kardiovaskular yang dipicu oleh kebiasaan merokok, makan berlebihan, dan kurangnya aktivitas fisik.

Pada buku Leadership Mastery karya Dale Carnegie memberikan 30 tips dalam mengelola stres dan kekhawatiran. Berikut penjelasannya :

Fundamental Principles for Overcoming Worry

  1. Hiduplah dalam “ruang waktu yang terbatas”, hiduplah hari lepas hari.
  2. Bila Anda mengalami kesulitan, lakukan tiga hal berikut:
    • Tanya diri Anda sendiri apa kemungkinan terburuk yang dapat terjadi.
    • Siapkan mental untuk menerima kemungkinan terburuk itu.
    • Perbaiki keadaan agar kemungkinan terburuk itu tidak terjadi.
  1. Ingatkan diri sendiri bahwa kecemasan itu mahal harganya karena dapat merusak kesehatan kita.

Basic Techniques in Analyzing Worry

  1. Kumpulkan semua fakta yang ada.
  2. Pertimbangkan semua fakta yang ada, lalu ambillah keputusan.
  3. Bila keputusan telah diambil, segeralah bertindak.
  4. Tuliskan dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
    • Apa masalah sebenarnya?
    • Apa saja penyebab dari masalah tersebut?
    • Apa saja kemungkinan penyelesaian yang ada?
    • Apa penyelesaian yang terbaik
  1. Sibukkan diri Anda.
  2. Jangan memusingkan hal-hal sepele.
  3. Gunakan hukum rata-rata: sesuatu yang kecil kemungkinannya akan terjadi besar kemungkinannya tidak akan terjadi pada Anda.
  4. Terimalah hal-hal yang tidak dapat diubah.
  5. Tetapkan sejauh mana Anda bersedia dihantui kekhawatiran, dan jangan izinkan kekhawatiran mengganggu Anda lebih dari itu.
  6. Jangan khawatir tentang sesuatu yang telah terjadi.

Cultivate a Mental Attitude That Will Bring You Peace and Happiness

  1. Penuhi pikiran Anda dengan hal-hal yang membawa kedamaian, keberanian, kesehatan, dan pengharapan.
  2. Jangan pernah mencoba membalas orang-orang yang memusuhi Anda.
  3. Siaplah menerima kenyataan apabila orang tidak berterima kasih pada Anda.
  4. Hitunglah berkat-berkatmu-bukan masalah-masalahmu.
  5. Jangan meniru orang lain.
  6. Cobalah melihat sisi positif dari setiap hal negatif yang Anda alami.
  7. Berusahalah untuk membahagiakan orang lain

The Perfect Way to Conquer Worry

21. Berdoa.

Don’t Worry about Criticism

  1. Ingatlah bahwa kritikan yang tidak tepat sering kali adalah pujian yang tersembunyi.
  2. Lakukanlah yang terbaik dalam hal yang Anda lakukan.
  3. Analisislah kesalahan Anda sendiri dan kritiklah diri Anda sendiri.

Prevent Fatigue and Worry, Keep Your Energy and Spirits High

  1. Beristirahatlah sebelum Anda merasa letih.
  2. Belajarlah untuk bekerja dengan cara yang santai.
  3. Jagalah kesehatan dan penampilan Anda dengan bersantai di rumah.
  4. Terapkan empat kebiasaan kerja yang baik berikut:
    • Bersihkan meja kerja Anda dari segala macam berkas, kecuali hal-hal yang berkaitan langsung dengan tugas yang sedang Anda tangani.
    • Kerjakan tugas-tugas Anda berdasarkan urutan prioritasnya.
    • Bila Anda sedang menghadapi suatu permasalahan, dan bila Anda telah memiliki semua fakta yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan, selesaikanlah masalah itu segera.
    • Belajarlah untuk mengorganisasi, mendelegasikan, dan mengawasi tugas-tugas Anda.
  1. Tuangkan antusiasme dalam pekerjaan Anda.
  2. Jangan khawatir kalau Anda susah tidur.

Semoga dengan 30 tips mengelola stres dan kekwatiran ini bisa membantu kita menjalani hari-hari dalam hidup ini. Tetap semangat dan kelola stres anda. [3f]

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *